5 Pesawat Tempur F 16, Siap Menyerang Lampung Lagi Hari ini

3 hari ini lampung akan di gaduhi dengan suara pesawat milik TNI au, karena TNI AU sedang melakikan latihan, namun banyak warga yang beranggapan salah tentang hal, ini karena memang jarang sekali ada peswat tempur sampai serendah itu saat mengudara. Dari pada kita bingung, atau belem mengengerti,  simak saja artikel di bawah ini.

Latihan Antar Satuan Koopsau I dengan sandi Jalak Sakti yang dilaksanakan selama tiga hari, 21 -- 23 Mei 2017 di Lanud Pangeran M Bunyamin akan dihadiri oleh Gubernur Lampung, forkopimda, serta petinggi TNI AU. Sebanyak 400 personel Angkatan Udara yang dilengkapi dengan 5 unit pesawat F 16, pesawat tempur Hawk, Hercules, serta helicopter Super Puma, akan ikut serta dalam latihan tersebut.


Komandan Lanud Pangeran M Bunyamin Letkol Pnb Ahmad Mulyono berbicara bahwa latihan yang dilaksanakan setiap tahun itu merupakan program kerja Koopsau I yang tujuannya meningkatkan dan menguji kemampuan Kotama  TNI AU merencanakan, melaksanakan, hingga mengendalikan mekanisme kegiatan operasi udara secara tepat guna. Latihan ini sangat penting  sekali dalam menghadapi kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi serta meningkatkan kemampuan tempur personel dan satuan jajaran Koopsau I dengan segala aspek pendukungnya.

"Terdapat 3 target sasaran titik tembak. Korpaskhas akan mencari titik dimana koordinat sebagai drop zone penerjunan,"  Sejumlah pesawat tempur yang digunakan terlibat dalam latihan tersebut, di antaranya F 16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Hawk 209 dari Skadron Udara 12 (Black Panther) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim P Kusuma Jakarta, dan Wing Korpaskhas AU. Latihan turut dihadiri penjabat TNI AU.

"Mulai hari ini seluruh pasukan dan pesawat tempur sudah geladi kotor. Besok, akan dilakukan geladi bersih," ujarnya. Latihan Jalak Sakti  dilaksanakan dengan rangkaian mulai dari geladi posko, tactical air manuvering game (TAMG) di Makoopsau I, dilanjutkan manuver lapangan di Lanud Pangeran M Bun Yamin Tulangbawang, di lokasi Air Weapon Range (AWR).

Itulah sebenarnya yang terjadi, mengapa beberapa hari ini
Pesawat tempur melintas dengan rendah dan bermanuver yang membuat parawarga beranggapan aneh dan nyeleneh.
sumber: lampost.co
Tags :

Related : 5 Pesawat Tempur F 16, Siap Menyerang Lampung Lagi Hari ini